1. LATAR BELAKANG
    1. Penjelasan Kegiatan 

Program Studi Kebidanan Program Diploma Tiga Kebidanan merupakan pendidikan profesional yang menuntut mahasiswa kompeten dalam melaksanakan praktik pelayanan kebidanan yang berfokus pada upaya pencegahan, promosi kesehatan, konseling dan pendidikan kesehatan, asuhan antenatal dan persiapan menjadi orang tua, pertolongan persalinan normal, asuhan pada anak, deteksi komplikasi pada ibu dan anak, kesehatan seksual dan kesehatan reproduksi, melaksanakan tindakan asuhan sesuai dengan kewenangan atau bantuan lain jika diperlukan, serta melaksanakan tindakan kegawatdaruratan.

Pelaksanaan Kurikulum di Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Bengkulu terdiri dari teori dan praktik. Pelaksanaan teori dilakukan di kelas, sedangkan pelaksanaan praktik dilakukan di laboratorium dan klinik di lapangan. Praktik klinik terdiri dari Praktik Klinik Keterampilan Dasar Kebidanan, Praktik Kebidanan Fisiologis, Praktik Kebidanan Komunitas dan Kegawatdaruratan Maternal Neonatal, dan Praktik Kebidanan Komprehensif di beberapa lokasi yaitu di Puskesmas, rumah sakit, bidan praktik mandiri, juga di komunitas atau masyarakat. Kegiatan praktik lapangan ini diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan teori yang telah didapat di ruang kuliah dan memperluas pengetahuan serta memberikan pengalaman dalam pelaksanaan praktik langsung baik kepada individu, kelompok maupun masyarakat khususnya pada pelayanan kesehatan ibu dan anak dalam kondisi normal atau fisiologis maupun patologis.

Praktik Klinik Kebidanan Keterampilan Dasar Kebidanan berjumlah 2 SKS dengan kegiatan praktik klinik di rumah sakit (RS). Mata Kuliah ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam praktik kebidanan pada tatanan klinik dasar kebidanan yang meliputi kebutuhan dasar manusia dan keterampilan dasar kebidanan.  

Pemilihan lahan praktik menjadi hal penting dalam melaksanakan proses pembelajaran di luar institusi kampus. Mempertimbangkan situasi pandemi yang diakibatkan oleh virus Covid-19 dan berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan maka kegiatan ini akan dilakukan pada beberapa kelompok mahasiswi yang tersebar di wilayah kota dan kabupaten di Provinsi Bengkulu.

  • Hasil Kegiatan
    • Indikator Keluaran

Tercapainya kegiatan pembelajaran Praktik Klinik Kebidanan Keterampilan Dasar Kebidanan bagi mahasiswa Program Studi Kebidanan Program Diploma Tiga Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

  • Keluaran

Keluaran (output) yang hendak dicapai adalah terlaksananya seluruh kegiatan Praktik Klinik Kebidanan Keterampilan Dasar Kebidanan bagi mahasiswa Program Studi Kebidanan Program Diploma Tiga Pol

tekkes Kemenkes Bengkulu dengan hasil ≥ 80 % mahasiswa mampu mempraktikkan  kegiatan Praktik Klinik Keterampilan Dasar Kebidanan yang ditunjukkan dengan nilai  minimal B = 3 (71).

  1. TARGET

Adapun Target capaian kasus mahasiswa Program Studi Kebidanan Program Diploma Tiga selama menempuh pendidikan di Program Studi Kebidanan Program Diploma Tiga Poltekkes Kemenkes Bengkulu adalah sebagai berikut:

No.Keterampilan KlinisTarget
  OPM
1Persiapan dan pemeriksaan diagnostik dalam praktik kebidanan (Pengambilan specimen darah atau urine)221
2Memfasilitasi ibu dan bayi dalam menjaga kebersihan diri (personal hygiene)421
3Membantu pasien yang mengalami kesulitan teknis melakukan proses eliminasi (Pemasangan dan Pelepasan Kateterisasi)421
4Mengukur keseimbangan intake-output (nutrisi/cairan/mengontrol pemberian infus)421
5Melakukan pengukuran TTV (tekanan darah, suhu, nadi, pernafasan)101010
6Melakukan pengukuran antropometri(tinggi badan, berat badan, panjang badan, lingkar kepala, lingkar dada, dll)421
7Membantu pasien mobilisasi421
8Melakukan pemberian obat (oral) sesuai dengan prinsip pemberian obat421
9Melakukan pemberian obat (injeksi) sesuai dengan prinsip pemberian obat555
10Mengatur pasien sesuai dengan kebutuhan (litotomi, tredelenberg, semifowler, fowler, kneechiest, jongkok, sim, dll)421
11Melakukan pemasangan infuse221
12Melakukan perawatan luka (perineum/post operasi SC)422
13Melakukan pemasangan oksigen sesuai dengan kebutuhannya422
  • KOMPETENSI YANG HARUS DICAPAI

Selama melaksanakan Praktik Klinik Kebidanan Keterampilan Dasar Kebidanan mahasiswa harus mampu menerapkan keterampilan dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia dan kebutuhan dasar manusia, antara lain:

  1. Persiapan dan pemeriksaan diagnostik dalam praktik kebidanan
    • Memfasilitasi ibu dan bayi dalam menjaga kebersihan diri
    • Membantu pasien yang mengalami kesulitan teknis melakukan proses eliminasi
    • Mengukur keseimbangan intake-output
    • Melakukan pengukuran TTV  dan antropometri
    • Membantu pasien mobilisasi
    • Melakukan pemberian obat (oral) sesuai dengan prinsip pemberian obat
    • Melakukan pemberian obat (injeksi) sesuai dengan prinsip pemberian obat
    • Mengatur posisi pasien sesuai dengan kebutuhan (litotomi, tredelenberg, semifowler, fowler, kneechiest, jongkok, sim, dll)
    • Melakukan pemasangan infuse
    • Melakukan perawatan luka (perineum/post operasi SC)
    • Melakukan perawatan tali pusat
    • Melakukan pemasangan oksigen sesuai dengan kebutuhannya
  1. WAKTU PELAKSANAAN KEGIATAN

Waktu pelaksanaan kegiatan dilaksanakan masing-masing mahasiwa selama 2 minggu dengan lahan praktik di rumah sakit pada tanggal :

  1. RS Bhayangkara Bengkulu tanggal 21 Juni s/d 03 Juli 2021
  2. RS DKT Bengkulu tanggal 21 Juni s/d 03 Juli 2021
  3. RSUD Harapan dan Doa Kota Bengkulu
    1. Gelombang 1 tanggal 21 Juni s/d 03 Juli 2021
    2. Gelombang 2 tanggal 05 s/d 17 Juli 2021

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *