1. Latar Belakang

Saat ini dunia kerja harus memperhatikan pelayanan Pelayanan adalah suatu kegiatan atau urutan kegiatan yang terjadi dalam interaksi langsung antara seseorang dengan orang lain atau mesin secara fisik, dan menyediakan kepuasan pelanggan (Barata, 2003; 30). Dalam Kamus besar Bahasa Indonesia dijelaskan pelayanan sebagai usaha melayani kebutuhan orang lain. Sedangkan melayani adalah membantu menyiapkan (mengurus) apa yang diperlukan seseorang. Pelayanan prima menurut orang awam atau secara umum diartikan sebagai layanan yang memberikan keramahan dan kejelasan yang benar-benar jelas. Layanan prima memang tak lepas dari yang namanya kepuasan pelanggan. Jadi secara umum ini berarti pelayanan yang akan memberikan kepuasan dan kenyamanan bagi pelanggan. Dengan adanya layanan prima tersebut akan memberikan feedback baik yaitu pelanggan akan senantiasa memakai produk Anda dan tidak akan berpindah ke lain hati. Gambaran umumnya seperti itu, jika menurut para ahli pasti pengertiannya sudah lain lagi.

Menurut kacamata para ahli, Moenir mengatakan jika pelayanan itu diartikan sebagai proses pemenuhan kebutuhan seseorang melalui aktivitas secara langsung. Kemudian ini bisa disimpulkan sendiri jika pelayanan prima dari sudut pandang Moenir adalah proses pemenuhan kebutuhan melalui aktivitas secara langsung dengan kualitas yang baik. Prima sendiri bisa diartikan sebagai kualitas yang baik, baik itu dari segi keramahan, kesopanan dan kenyamanan dalam memberikan pelayanan. Adapun pengertian dari para ahli lainnya seperti yang diungkapkan oleh Kotler yaitu tindakan yang akan diberikan kepada seseorang. Tindakan yang dimaksud di sini adalah memberikan pelayanan.

Pengertian pelayanan prima menurut Suparlan adalah pemberian pertolongan kepada orang lain. Pertolongan tersebut baik itu materi maupun non materi yang nantinya bisa mengatasi masalahnya sendiri (klien/pelanggan). Pengertian dari kacamata Suparlan, pelayanan prima bisa diartikan sebagai pemberian pertolongan yang sangat membantu dan bisa memberikan kenyamanan bagi seseorang yang ditolong tersebut. Pengertian yang lain seperti menurut Hadipranata adalah aktivitas di luar pekerjaan pokok yang diberikan kepada pelanggan dan bisa dirasakan sebagai penghargaan atau penghormatan.

Penilaian dalam dunia Pelayanan belakangan ini tidak saja dillihat dari kualitas pisik dan fasilitasnya saja ataupun layanan jasa yang dihasilkan atau diberikan, tetapi juga terhadap pola dan perilaku pelayanan yang diberikan kepada para konsumen atau masyarakat. Konsumen atau masyarakat semakin sensitif dan kritis terhadap pola dan perilaku pelayanan yang diberikan. Akibatnya, sisi pelayanan (service) menjadi salah satu kunci bagi nama baik institusi ke depan.

 Bicara mengenai peningkatan kualitas yang selama ini hanya mengedepankan sisi intelektual dan emotional dirasa sudah tidak cukup untuk mampu bersaing. Sumber Daya Manusia di bidang pelayanan harus mampu memahami keinginan konsumen atau masyarakat secara utuh dari hati dan berbicara serta melayani dengan hati.

Untuk itu Poltekkes Kemenkes Bengkulu akan memberikan Pelayanan yang prima yang merupakan salah satu program dan jalan untuk mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan bersama. Fondasi suatu organisasi atau institusi dalam membangun pelayanan yang prima tentunya didasari atas budaya organisasi (organization culture). Beberapa penelitian membuktikan bahwa pendekatan budaya akan membawa organisasi menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan budaya tersebut akan mengakar dan menjadi penggerak utama bagi setiap individu yang berada di dalamnya.

  • Tujuan Umum

Untuk meningkatkan pelayanan prima terhadap Mahasiswa jurusan kebidanan di lingkungan Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

  • Tujuan Khusus

Tujuan yang akan dicapai dari sosialisasi ini adalah peserta mampu untuk :

  1. Memahami esensi dari melayani.
    1. Memahami  maksud dan pentingnya Nilai Pelayanan Prima
    1. Membangun performa pelayanan bukan sekedar kepribadian namun dari akar yang sangat kuat yaitu karakter.
    1. Memberikan skill serta  teknik-teknik “Melayani dengan Hati”.
  • Tempat Dan Waktu

Tempat pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Pelayanan PrimaMahasiswa Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Bengkulu di halaman gedung Virginia Afgar Poltekkes Kemenkes Bengkulu pada hari Kamis Tanggal 03 Oktober 2019.

  • Fasilitator dan Peserta
  • Fasilitator

Fasilitator adalah Kajur Kebidanan Ibu Mariati, SKM., MPH dan Sub. Ur. Kemahasiswaan Ibu Nispi Yulyana, SST, M.Keb

  • Peserta

Peserta adalah Mahasiswa Prodi DIII Kebidanan Tingkat I dan II, serta Prodi DIV Kebidanan Tingkat I dan III Poltekkes Kemenkes Bengkulu berjumlah 298 orang yang terdiri dari 1 Orang Kajur, 1 Orang Sub. Ur. Kemahasiswaan dan 296 Mahasiswa.

  • Pelaksanaan

Pelaksanaan kegiatan  Sosialisai Pelayanan Prima Mahasiswa Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Bengkulu dilaksanakan di halaman gedung Virginia Afgar Poltekkes Kemenkes Bengkulu pada tanggal 03 Oktober 2019, Acara pembukaan di mulai Pukul 07.30 WIB s/d Selesai, Sosialisasi Pelayanan Prima kepada Mahasiswa Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Bengkulu yang di sampaikan oleh Ibu Kajur Kebidanan Ibu Mariati, SKM., MPH dan Sub. Ur. Kemahasiswaan Ibu Nispi Yulyana, SST, M.Keb

  • Penutup

Demikian Sosialisasi Pelayaan Prima Kepada Mahasiswa Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Bengkulu disusun untuk diketahui dan mendapat perhatian pihak-pihak yang terkait. Akhirnya seluruh panitia pelaksanaan Mengucapkan Terima Kasih Kepada semua pihak yang terlibat dalam kesuksesan kegiatan ini, dan semoga  ALLAH SWT Melimpahkan Semua rahmat NYA kepada kita semua. Amin.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *